Sejarah Scooter Vespa 125 Circuito diawali dengan kondisi menjelang akhir 1940, dimana produsen sepeda motor paling dipertimbangkan bahwa cara terbaik untuk mengiklankan produk mereka adalah dengan berpartisipasi dalam berbagai balapan motor yang biasanya dilakukan di jalan-jalan kota. Dalam periode ini (akhir '40), sebagian besar produsen sepeda motor sangat bersaing (yang berlangsung terutama di sirkuit jalan) dalam mengenalkan masyarakat umum tentang dunia bersepeda motor dan tujuan utamanya adalah mencari pelanggan atau pasar potensial. Piaggio tidak mau ketinggalan dan memiliki serangkaian skuter "race", sebagai juara 1949, berlomba di kelas balap mereka, dan membuat banyak orang tertarik dan meninggalkan merek-merek yang lain.
Banyak sekali iklan balapan dengan menggunakan vespa. Scooter Vespa 125 Circuito digunakan sebagai "ajang pengujian" bagi ide-ide baru yang kemudian digunakan pada produk standar. Scooter Vespa 125 Circuito dalam perancangannya benar-benar diserahkan kepada spesialis divisi eksperimental perusahaan dan telah digunakan dalam balap sampai akhir 1950 oleh driver resmi dan Joseph Dino Mazzoncini Cau, yang pada tahun 1950 memenangkan Catania-Etna race pada awal ujicoba, dan memenangkan tempat pertama dalam kategorinya (125 cc) dan mendapatkan tempat ketiga overall setelah Guzzi dan Benelli. Dengan kata lain , dunia race atau balap digunakan untuk beriklan. Para Piaggio tidak terkecuali dan Pengalaman Departemen nya membangun semua jenis balap dalam balapan hingga pertengahan 50-an yang dipimpin oleh Dino pengendara Mazzoncini dan Joseph Cau bahwa pada tahun 1950 ia memenangkan perlombaan melawan waktu di Catania-Etna categria 125.
Spesifikasi Teknis:
- 2-stroke engine,
- Diameter: 56,5 mm - Langkah: 50 mm - Displacement: 125 cc,
- Maksimum kecepatan. 100 km / jam,
- Suspensi: depan coil spring, stopper belakang karet,
- Rem: drum,
- Ban: 3.50x8 ".
SUMBER@ http://www.scootervespa.net