Scooter Vespa Special (1969,1972,1975) adalah salah satu varian motor vespa yang paling jarang ditemui di indonesia. Selain karena jumlahnya yang sedikit kebanyakan para pemakai motor vespa sering mengeluhkan spearpart yang susah diperoleh dan setiap kali akan melakukan reparasi baik berat atau ringan, maka harus melepas mesin dari chasis.
Spesifikasi Teknis:
Mesin:
- Scooter Vespa Specialmemilikisilinder tunggal - dua mesinstroke dengan piston datar,
- kontrol sirkulasi katup putar terbalik,
- silinder besi dengan kepala aluminium, dilumasi dengan campuran 1: 50,
- Kopling Multi-pelat kopling pada poros engkol.
Transmisi:
Sebuah transmisi empat-speed manual dengan rangkaian kunci imbang, tendangan perdana.
Penjelasan:
- Primer: 4,6
- Transisi: 5,8-3,86 - 2,78-2,09
- Sekunder transmisi ke roda belakang langsung ke roda belakang, 15:69
- Penyalaan lampu roda gila - dinamo starter 12 V 80 W
Chassis:
- Self-supporting tubuh baja,
- roda Ditarik pendek di depan dengan shock belakang hidrolik teredam, perakitan hard swingarm belakang dengan shock belakang hidrolik teredam,
- mekanis dioperasikan Drum rem depan dan belakang 150 mm.
Peralatan:
- lampu utama 12V 15W persegi panjang, lampu rem, 4-AC - lampu, speedometer diintegrasikan ke dalam stang, bisa dikunci kompartemen alat, kait Bagasi, spion, bel
- 12V sistem pencahayaan, itu adalah hanya menjelang akhir waktu produksi ke 4-arah-flashers, dan dapat diatur dengan alternator 6V.
- dan "optik senter" dari sorotan benar-benar lebih hanya sebuah "subscript balok".
- akan satu khusus mengakui pada prinsipnya lampu sudut yang sama di "link trapesium-" apa yang disebut kaskade dan plastik terpasang.
Ukuran Ban:
- Untuk di Italia biasanya ukuran bannya adalah 9 "-,
- Jerman dengan 10" dengan basar roda 125,
- V5A2 V5B1 dan memiliki hanya 3 sampai 4 program V5B3.
SUMBER@ http://www.scootervespa.net